Kamis, 15 April 2010

PENDIDIKAN DAN PENANGANAN AUTISME

Dengan penanganan dan pendidikan yang penuh kasih sayang, konsekuen, tidak kenal jemu dan dalam jangka waktu yang sangat lama, dapat terjadi perbaikan. Dari itu terapi harus dalam lembaga atau tempat yang khusus dan wajib dilakukan oleh suatu tim yang terdiri sebaiknya dari neurology, psikolog dan ortho-pedagog yang ramah, sabar, tetapi juga dapat bekerja secara sistematik.
Dalam rencana penanganannya, Kok membedakan antara 3 macam strategi. Bila type penyimpangan sebagai penggambaran problematic tingkah laku anak telah ditetapkan, dalam hal ini autism kanak- kanak awal, maka dibuatlah rencana penanganan strategi derajat pertama yang biasanya merupakan cara penanganan residensial (dalam perumahan khusus). Penanganan ini dilakukan oleh tim yang tetap dan mempergunakan kelompok-kelompok yang heterogen, jadi juga ada anak- anak lain yang tidak autistic.
Di dalam nya dapat dibedakan strategi-derajat-kedua yang berisi latihan- latihan fungsi, bantuan ortho- didaktis, dsb. Strategi derajat ketiga berhubungan dengan variasi individual terhadap dua strategi yang sebelumnya. Hal ini sangat penting bagi anak- anak autism, karena mereka lebih terlibat dengan dirinya sendiri daripada yang lain.

Sumber : “Psikologi Perkembangan Gadjah Mada University Press”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar