Rabu, 27 Oktober 2010

Kelompok sosial primer, sekunder, formal dan informal

Menurut “Charles Horton Cooley “ mengemukakan perbedaan antara kelompok primer dengan kelompok skunder yang di tulis dalam Social Organization pada 1909.

· Kelompok primer

adalah kelompok-kelompok yang ditandai ciri-ciri kenal-mengenal dekat antar anggotanya serta mempunyai kerjasama yang erat yang bersifat dekat dalam arti pribadi di dalam kehidupannya. Kelompok ini cara berinteraksi dan berkomunikasinya secara langsung (bertatap muka) tanpa melalui perantara,jadi dengan adanya hal tersebut menjadi suatu tujuan dari individu menjadi juga tujuan dari kelompok yang menjadikan suatu hubungan timbal balik antara kelompok dengan anggotanya.

Misalnya:keluarga, RT, kawan sepermainan, dan lain-lain.

· Kelompok sekunder

Jika interaksi sosial terjadi secara tidak langsung, berjauhan, dan sifatnya kurang kekeluargaan. Hubungan ini biasanya bersifat obyektif.

Misalnya:partai politik , serikat kerja dan lain-lain

(Perbedaan antara kelompok primer dan skunder adalah ada pada cara berinteraksi di dalam kelompok).

· Kelompok formal

Pada kelompok ini ditandai dengan adanya peraturan dan Anggaran Dasar (AD) , Anggaran Rumah Tangga (ART) yang ada. Anggotanya diangkat oleh organisasi

Contoh dari perkumpulan ini adalah semua perkumpulan yang memiliki AD/ART

· Kelompok informal

Merupakan suatu kelompok yang tumbuh dari proses interaksi, daya tarik, dan kebutuhan seseorang.Keanggotaan kelompok biasanya tidak teratur dan keanggotaanya biasanya ditentukan oleh daya tarik bersama dari individu dan kelompok.Kelompok ini terjadi pembagian tugas yang jelas tapi bersifat informal dan hanya berdasarkan kekeluargaan dan simpati.

(Pembeda antara kelompok formal dan informal ada pada aturan-aturannya)

http://fisip.uns.ac.id/blog/yonie/2010/05/11/pengertian-kelompok/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar