Rabu, 11 Mei 2011

pengertian ergonomi

Ergonomi adalah ilmu mendesain pekerjaan, peralatan, dan tempat kerja agar sesuai dengan pekerja. Desain ergonomis yang tepat diperlukan untuk mencegah cedera regangan berulang, yang dapat berkembang dari waktu ke waktu dan dapat menyebabkan cacat jangka panjang. The International Ergonomics Association mendefinisikan ergonomi sebagai berikut:
• Ergonomi (atau faktor manusia) adalah disiplin ilmu yang bersangkutan dengan pemahaman manusia dan interaksi di antara unsur-unsur lain dari sistem, dan profesi yang berlaku teori, prinsip, data dan metode untuk desain agar dapat mengoptimalkan kesejahteraan manusia dan sistem secara keseluruhan kinerja.
• Ergonomi yang digunakan untuk memenuhi dua tujuan kesehatan dan produktivitas. Hal ini relevan dalam merancang hal-hal seperti mebel yang aman dan mudah digunakan antarmuka untuk mesin.
Sebuah studi gerak dan waktu (atau studi tentang gerak-waktu) adalah sebuah usaha efisiensi teknik Timne Studi menggabungkan karya Frederick Winslow Taylor dengan Studi Gerak karya Frank dan Lillian Gilbreth (jangan dikelirukan dengan anak mereka, paling dikenal melalui biografi film dan buku 1950 Cheaper by the Dozen).
Sebuah studi gerak dan waktu akan digunakan untuk mengurangi jumlah gerakan dalam menyelenggarakan tugas untuk meningkatkan.
The Gilbreths mengembangkan apa yang mereka sebut therbligs ( “therblig” menjadi “Gilbreth” yang dieja terbalik), sebuah skema klasifikasi yang terdiri dari 18 dasar gerakan tangan. 1920 Frank B. dan Lillian Gilbreth mengembangkan studi waktu dan gerak. The Gilbreths menunjukkan pentingnya lingkungan kerja total dengan mengurangi gerakan yang tidak perlu.
Metode untuk menentukan karyawan produktivitas standar. Suatu kompleks tugas ini dibagi menjadi kecil, langkah-langkah sederhana, urutan gerakan yang diambil oleh karyawan dalam melaksanakan langkah-langkah secara cermat diamati untuk mendeteksi dan menghilangkan mubazir atau sia-sia gerak, dan tepat waktu yang dibutuhkan untuk setiap gerakan yang benar diukur. Dari pengukuran produksi dan waktu pengiriman dan harga dapat dihitung dan skema insentif dapat dibuat. Umumnya yang tepat berulang-ulang hanya untuk tugas-tugas, waktu dan studi gerakan yang dipelopori oleh US industri insinyur Frederick Winslow Taylor (1856-1915) dan dikembangkan oleh para suami dan istri tim Frank Gilbreth (1868-1924) dan Dr Lillian Gilbreth (1878-1972).
Pengukuran kerja; memberikan pembelajaran praktis bagaimana menetapkan metode kerja, menetapkan performans rating, membuat peta proses, membuat peta kerja, melaksanakan pengukuran kerja dengan metode stop watch dan metode sampling kerja. Perancangan sistem kerja memberikan pembelajaran praktis sebagaimana merancang metode kerja, merancang stasiun kerja, merancang panel kontrol, merancang produk dan lain-lain sesuaim prisnsip kerja dan kondisi faal manusia, merancang sistem kerja, merancang komunikasi suara dll sesuai dengan prinsip kerja dan kondisi faal manusia.

sumber : wikipedia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar