Senin, 01 Maret 2010

Faktor- faktor penyebab adanya ”Self Problem”

Tidak jarang seseorang merasa kesulitan dalam memahami serta menyikapi atas permasalahan yang di hadapi. Selalu ada hambatan yang menghalangi tumbuhnya kekuatan diri untuk mengambil kesempatan dari setiap masalah. Dan hal pertama yang perlu di perhatikan adalah :
a. Insight Problem
Insight problem ini sering menjadi hambatan karena kurangnya wawasan kita dalam menilai ataupun menyikapi sesuatu permasalahan, dapat dikatakan kita hanya melihat secara subjektif, pada satu sudut pandang saja, tidak meluas ke segala arah. Dengan cara kita yang seperti diatas, kita hanya akan menjadi seseorang yang minim akan wawasan atau sebut saja ”kedangkalan wawasan”
Kedangkalan wawasan ini disebabkan selain karena cara berpikir kita yang subjektif namun dikarenakan juga oleh proses belajar kita yang bersifat shudural, sehingga apa yang diperoleh hanya sebuah penerimaan dari informasi atau pengetahuan orang lain. Adanya Insight Problem membuat diri kita tidak akan mampu untuk berkembang, membuat kita lemah dalam menghadapi problem untuk diri sendiri maupun dalam berinteraksi dengan orang lain diluar dirinya.
Insight Problem ini terbagi atas 2 hal, yaitu :
• Knowledge Problem yaitu kurangnya pengetahuan karena proses belajar yang kurang tepat menjadikan kita sebagai korban kepintaran orang lain.
• Skill Problem yaitu Kurangnya pengembangan atau organize akan diri yang sebenarnya sudah kita miliki secara alamiah.
b. Experience Problem
Dengan adanya masalah kita akan belajar bagaimana cara kita untuk meningkatkan kualitas diri kita menjadi lebih baik. Self itu terbentuk dari evaluasi terhadap diri, yang didapatkan dari berbagai pengalaman, baik pengalaman secara positiv maupun negativ. Yang akhirnya pengalaman itu dijadikan sebagai pelajaran yang berharga dalam hidup (” Experience is the best teacher ”).
Experience Problem terbagi atas 2 hal, yaitu :
• Lifestyle Problem, disebabkan karena besarnya keinginan untuk memiliki sesuatu namun tidak diimbangi dengan adanya pengalaman dan wawasan, dengan kurangnya pengalaman dan wawasan tersebut, kita mulai meniru perilaku serta gaya hidup orang lain. Dan akhirnya akan kehilangan suatu Self Identity (identitas diri) atau bisa juga memiliki kepribadian ganda.
• Behavior Problem, disebabkan karena kebiasan buruk yang tidak kita latih untuk kita singkirkan, akhirnya timbul suatu perilaku yang kurang baik yang menjadi masalah pada saat kita berinteraksi di lingkungan luar.
c. Attitude Problem
Masalah selalu datang karena sikap atau perilaku kita yang tidak dapat kita kondisikan secara baik pada tempatnya. Dan kemudian akan berpengaruh pada self esteem diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar