Senin, 31 Mei 2010

Menopause

Menopause

Dalam proses menua setiap wanita akan mengalami masa klimakterium. Masa klimaketrium ini berlangsung beberapa taun, kadang-kadang lebih dari 10 tahun, antara usia 40-65 tahun.
Masa klimakterium ini berakhir kira-kira 6-7 tahun sesudah menopause, dan terdiri dari beberapa fase yaitu:
• Pra menopause adalah masa 4-5 tahun sebelum menopause, dimana telah ada keluhan-keluhan klimakterik dan pendarahan yang tidak teratur.
• Menopause, artinya berhenti menstruasi yang permanent, diagnosa ini dibuat bila telah terdapat amenorea sekurang-kurangnya satu tahun. Pada umumnya menopause terjadi pada usia sekitar 45-50 tahun.
• Pasca menopause adalah masa 3-5 tahun setelah menopause.
• Ooforopause adalah pada saat ovarium kehilangan sama sekali fungsi hormonalnya.
Namun di dalam dunia medis dan masyarakat umum yang paling banyak mendapatkan perhatian adalah menopause. Pada usia 44-55 tahun, biasanya istri sudah mengalami menopause. Pada masa ini, produksi hormon estrogen akan menurun, dan haid pun akan berhenti. Selain itu, menopause dibarengi dengan menurunnya kondisi fisik wanita seperti kulit menjadi kendur, tidak kenyal, payudara tidak sekencang dulu dan menipisnya selaput lendir vagina. Menipisnya selaput lendir vagina ini menimbulkan efek terasa sakit bila berhubungan intim. Karena trauma rasa sakit itu, banyak wanita yang menolak bila diajak berhubungan intim.

Sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar