Senin, 31 Mei 2010

Menurut Maslow

Secara umum, manusia termasuk anak-anak memiliki kebutuhan dalam kehidupannya. Menurut Maslow (1970) percaya bahwa setiap manusia memiliki lima kategori kebutuhan yang membentuk suatu hirarki dari yang paling Pokok atau dasar hingga yang paling tinggi, ialah kebutuhan fisiologis, seperti oksigen, makan dan minum, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan untuk diakui, kebutuhan untuk dihargai, dan kebutuhan untuk aktualisasi diri.
Sementara itu Hurlocks (1962) mengemukakan bahwa ada dua belas kategori kebutuhan manusia khususnya dari aspek psikologis, ialah kebutuhan :

1. Penerimaan : kebutuhan untuk merasakan bahwa orang lain bersikap baik atau positif, hormat, mendukung atau menyetujui, tidak menolak dirinya.
2. Prestasi kebutuhan untuk memperoleh, mencapai, menerima, menang, dan sebagainya.
3. Kasih sayang : kebutuhan untuk dicintai, dihargai.
4. Persetujuan atau restu : kebutuhan untuk melihat orang lain menyenangkan, menghindari kritik, kesalahan dan hukuman.
5. Menjadi bagian : kebutuhan untuk merasa sebagai bagian dari suatu kelompok atau lingkungan
6. Kesesuaian : kebutuhan untuk menjadi sebagaimana orang lain, menghindari perbedaan.
7. Ketergantungan : kebutuhan untuk mendapatkan dukungan emosional, perlindungan, perhatian, dorongan dan bantuan dari orang lain.
8. Ketidak tergantungan :kebutuhan untuk bebas, mandiri, keputusan sendiri, kepercayaan.
9. Penguasaan - kekuasaan (menguasai - berkuasa) : kebutuhan untuk mengendalikan, berkuasa, memimpin, mengelola, memerintah, mengatasi masalah, mengatasi hambatan, mempengaruhi orang lain.
10. Pengenalan atau pengakuan : kebutuhan untuk diketahui, dikenal, dianggap sebagai pribadi yang unik, dibedakan dari yang lain, tidak dianggap sama.
11. Pernyataan diri : kebutuhan untuk berfungsi, belajar mengerti, berformasi
12. Dimengerti : kebutuhan untuk merasa dalam hubungan yang simpatik dengan orangtua, saudara, teman, merasa bebas bergaul dan mengemukakan ikiran tanpa kehilangan kasih sayang.

Sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar